Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi Yang Harus Kamu Ketahui

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Mar 23, 2021 | 0 comments


Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi Yang Harus Kamu Ketahui

 

kulit dehidrasi bisa membuat kulitmu kusam dan iritasi

 

Pernah dengar kulit kering atau malahan kulit Dehidrasi?? Tahukah kalian kalau kulit kering dan kulit dehidrasi berbeda loh. Dehidrasi adalah sebuah masalah kulit, seperti layaknya jerawat atau komedo yang biasa dialami oleh siapa saja. Ciri-ciri dari kulit dehidrasi sebenarnya kurang lebih serupa dengan kulit kering. Tapi yang membedakan ialah, kulit dehidrasi lebih sensitif, terdapat area yang terasa gatal pada kulit, permukaan kulit berminyak tapi kulit tetap terasa kering. Berbeda dengan kulit kering, faktor-faktor yang menyebabkan kulit kita dehidrasi biasanya disebabkan oleh faktor eksternal. Mulai dari polusi, obat-obatan, kurangnya asupan air dan makanan bernutrisi, eksfoliasi berlebihan, dan perubahan suhu yang ekstrim. Hal-hal ini mempengaruhi kandungan air dalam kulit kita. Untuk itu, bagi pemilik kondisi kulit dehidrasi yang kamu perlukan adalah perawatan lebih dari dalam, yaitu mencukupi asupan air, mengurangi minuman beralkohol, mengurangi konsumsi kafein, dan kurangi kebiasaan merokok. Selanjutnya, kamu perlu merawat kulitmu dengan perawatan wajah yang bersifat humectant (kandungan yang melembapkan kulit dengan menarik air seperti magnet, sehingga menjaga kelembapan), serta produk perawatan dan pembersih wajah yang mengandung gliserin, hyaluronic acid, ย teknologi Aqua-in-pool, dan amino acid. Untuk menjaga kesehatan baik kulit kering dan kulit dehidrasi, selalu basuh wajah dengan air biasa (hindari penggunaan air panas).

Namun, buat kamu yang masih bingung cara membedakan kulit kering dan dehidrasi seperti apa bisa mencoba pinch test. Yes, pinch test adalah tes sederhana untuk mendeteksi kondisi kulitmu dengan mencubit kecil bagian pipi, perut, dada, atau bagian punggung tangan dan ditahan selama beberapa detik. Apabila kulitmu langsung kembali dengan cepat ke kondisi semula, artinya kulitmu tidak dehidrasi. Sebaliknya, kalau kulitmu terlihat lebih lama ke kondisi semula, artinya kulitmu dehidrasi. Masih bingung cara membedakan kulit kering dan dehidrasi bagaimana?? Tenang, kali ini kita akan membahas beberapa ciri-ciri dari kulit dehidrasi yang perlu kalian ketahui, antara lain:

1. kulit Terasa Tertarik

Kulit dehidrasi terjadi akibat sel kulit tidak memiliki kelembapan yang cukup dari yang dibutuhkan, hal ini ditandai dengan kulit jadi terasa kencang seperti ditarik. Kulit yang dehidrasi memiliki lapisan yang lebih lemah sehingga membuat kelembapan mudah menguap.

2. Berminyak Namun Terasa Kering

Kulit dehidrasi memiliki daya serap kelembapan yang tidak memadai. Ketika kulit kehilangan kelembapan, ia menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan semuanya serta mencoba menciptakan penghalang agar kadar air tidak hilang. Itulah sebabnya Anda mungkin mendapatkan bercak kulit kering dengan lapisan minyak di atasnya.

3. Mengalami Gatal-Gatal

Kulit yang dehidrasi tandanya sedang mengalami iritasi karena terlalu kering. Kulit yang tidak cukup lembap bisa mengalami iritasi dan mulai terasa gatal. Kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan rasa gatal akibat kelembapan alami yang tidak mengerjakan tugasnya dengan baik.

4. Tekstur Kulit Kasar dan Bersisik

Hati-hat ya guys, buat kalian yang bekerja diruangan ber AC serta cuaca yang sangat dingin ataupun panas dapat menghisap kelembapan dari kulit kamu sehingga membuatnya jadi kasar dan bersisik.

5. Kulit Akan Lebih Sensitif

Ketika kulit mengalami dehidrasi, penghalang kulit tidak bekerja seperti seharusnya dan lebih sulit melawan bakteri dan polutan. Hal ini memungkinkan kulit menjadi lebih peka terhadap segala hal – bahkan produk yang disukai kulit Anda sebelumnya!

6. Mudah Mengalami Kemerahan Pada Kulit

Kulit yang dehidrasi tandanya sedang mengalami iritasi karena terlalu kering. Kulit yang tidak cukup lembap bisa mengalami iritasi dan mulai terasa gatal. Selain itu, apabila tingkat iritasinya parah bisa menyebabkan timbulnya ruam kemerahan dikulitmu loh!!

7. Wajah Terlihat Lesu

Karena kurangnya kelembapan yang cukup dikulitmu bisa membuat wajahmu kelihatan lesu dan kusam, seperti tidak adanya rona wajah yang cerah loh…

Beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai kulit dehidrasi

 

Ternyata banyak banget ciri-ciri dari kulit dehidrasi ya.. So, tetap jaga asupan air, kurangi minuman beralkohol, kurangi konsumsi kafein, dan kurangi kebiasaan merokok. Selanjutnya, kamu perlu merawat kulitmu dengan perawatan wajah yang bersifat humectant (kandungan yang melembapkan kulit dengan menarik air seperti magnet, sehingga menjaga kelembapan), serta produk perawatan dan pembersih wajah yang mengandung gliserin, hyaluronic acid, ย teknologi Aqua-in-pool, dan amino acid. Untuk menjaga kesehatan baik kulit kering dan kulit dehidrasi, selalu basuh wajah dengan air biasa (hindari penggunaan air panas). Tetap jaga kesehatan kulitmu. Karena kulit yang sehat dan cantik akan membuatmu tampil percaya diri loh…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang