Sakit Maag? Ini Dia Pemicunya

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Mar 25, 2021 | 0 comments


Sakit Maag? Ini Dia Pemicunya

 

gejala sakit maag dan penyebabnya

 

Sakit maag merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Sakit maag alias dispepsia adalah rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Jadi, sakit maag bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit. Umumnya, sakit maag disebabkan oleh luka terbuka yang terjadi di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping konsumsi obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS) dan stres. Sebagian besar sakit maag bersifat ringan dan dapat ditangani tanpa perlu berkonsultasi ke dokter. Sakit maag ringan akan hilang dengan sendirinya. Adapun sakit maag yang parah dapat diatasi dengan obat-obatan seperti antasida, antibiotik dan antidepresan. Penggunaan obat maag dan terapi seperti meditasi dan relaksasi juga bisa membantu mengatasi sakit maag.

Adapun pengertian sakit maag lebih banyak dikenal sebagai penyakit akibat sering terlambat makan atau pola makan yang tidak teratur. Penyakit ini sering diabaikan akibat kurang pahamnya masyarakat akan efek samping yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Bahkan untuk usia di atas 50 tahun, setiap gejala terkait dengan penyakit maag harus dianggap serius karena ada kemungkinan terkait dengan kondisi jantung penderita.

Mau tau beberapa gejala dan penyebab dari sakit maag ini, simak penjelasan berikut ini.

 

Gejala Sakit Maag

Selain menyebabkan sensasi nyeri, gejala maag biasanya meliputi perut kembung, rasa terbakar di perut bagian atas atau mual-mual. Sakit maag biasanya terjadi di perut bagian atas atau ulu hati. Beberapa orang juga merasakannya di bawah tulang dada atau pusar. Adapun beberapa gejala dari sakit maag, antara lain:

1. Cepat merasa kenyang

2. Kembung

3. Mulas

4. Rasa tidak nyaman setelah makan

5. Bersendawa dan buang gas

6. Mual dan muntah

7. Nyeri atau merasa tidak nyaman di ulu hati

8. Rasa panas seperti sensasi terbakar di perut bagian atas atau dada

9. Lidah terasa pahit ketika makan atau minum

Namun, segera temui dokter jika sakit maag terjadi secara terus-menerus atau disertai gejala seperti ini ya guys…

 

Penyebab Sakit Maag

Sakit maag termasuk jenis penyakit yang mudah kambuh karena lambung biasanya sensitif terhadap pola makan dan juga menu yang dimakan. Untuk mengantisiasi hal ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebagai berikut:

1. Jangan Pernah Menunda-nunda Jam Makan

Untuk kalian yang memiliki sakit maag, gak boleh menunda-nunda jam makan. Kalau bisa jam makan kalian harus on time ya guys..

2. Mengkonsumsi Kafein dan Soda Secara Berlebihan

Kalian pencinta kopi, tapi punya sakit maag, jangan coba-coba untuk mengkonsumsi kopi apalagi secara berlebihan ya. Karena salah satu penyebab sakit maag adalah mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Satu lagi, mengkonsumsi minuman bersoda juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit maag.

3. Makan Terlalu Banyak

Makan dengan porsi yang banyak dan mengunyah dengan cepat bisa mengganggu kerja lambungmu loh, akibatnya bisa menyebabkan sakit maag.

4. Makan Makanan Pedas dan Asam

Untuk kalian pencinta makanan pedas dan asam, mulai sekarang kurangi ya. Apalagi untuk kalian yang memiliki sakit maag nh.

5. Merokok

Kebiasaan merokok jadi salah satu penyebab sakit maag loh. Merokok itu boleh, tapi dibatasi banget ya.

6. Stress

Hindari rasa was-was dan juga stres. Bantuan psikiater bisa diperlukan jika mendesak atau tidak bisa diatasi dengan relaksasi biasa.

 

penyebab terjadinya sakit maag

 

So, itulah pembahasan kami mengenai sakit maag, yang pada intinya kita harus mengetahui gejala dari sakit maag dan apa saja penyebabnya. Saran untuk kalian yang memiliki gejala sakit maag maupun untuk kamu yang sudah mengalami sakit maag jaga pola makan kamu ya, jaga gaya hidup sehat, dan hindari stress. Tetap sehat dan semangat.๐Ÿ˜๐Ÿ˜

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang