Yuk Kenali Jenis Kulitmu!

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Apr 15, 2021 | 0 comments


Yuk Kenali Jenis Kulitmu!

 

jenis kulit wajahmu

 

Masih bingung untuk menentukan jenis kulitmu? Baiklah hari ini kita akan membahas tentang jenis-jenis kulit. Di cek yuk, kamu punya jenis kulit yang mana๐Ÿค”. Mengenali jenis kulitmu adalah sesuatu hal yang sangat penting, karena pada saat kamu menggunakan skincare tertentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulitmu supaya manfaat yang kamu dapatkan dari skincare tersebut maksimal. Selain itu, apabila kamu salah menggunakan skincare yang bukan jenis kulitmu maka masalah kulitmu tidak teratasi loh! Oleh sebab itu, yuk kenali jenis kultmu dari sekarang.

Sebelumnya kamu harus mengetahui bahwa ada 5 jenis kulit wajahmu, ada yang memiliki kulit kering, kulit normal, kulit kombinasi, kulit sensitif dan kulit berminyak. Setiap jenis kulit wajah tentu memiliki masalah dan cara merawat yang berbeda. Untuk merawat wajahmu dengan tepat, baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajahmu. Bahkan, tidak jarang jenis kulit wajahmu bisa berubah seiring berjalannya waktu. Selain itu, jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan. Kebiasaan tertentu juga bisa berdampak pada berubahnya jenis kulit, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Untuk lebih jelasnya,kita akan membahas tentang beberapa jenis kulit yang harus kamu ketahui, diantaranya:

1. Kulit Kering

Kulit kering biasanya disebabkan oleh faktor luar seperti udara yang kering, kebiasaan mandi terlalu lama, dan paparan bahan kimia pada produk pembersih kulit. Kulit kering diakibatkan karena kurangnya minyak pada kulitmu Jenis kulit ini juga bisa dimiliki oleh orang yang mengalami perubahan hormon atau mulai menua. Ciri khas dari kulit kering adalah pori-pori yang amat kecil, adanya bercak kemerahan, dan kulit cenderung kusam. Kulit kering biasanya juga terasa ketat, memiliki garis-garis yang lebih terlihat, serta mudah gatal dan teriritasi. Kulit kering yang tidak terawat dapat mengalami peradangan dan bahkan berkembang menjadi eksim.

2. Kulit Normal

Kulit normal memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak, sehingga tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak. Jenis kulit wajah seperti ini biasanya jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, terlihat bercahaya, dan pori-pori pun hampir tak terlihat. Jenis kulit normal juga lebih mudah dirawat. Uniknya, tak banyak orang yang percaya bahwa kulitnya bertipe normal. Mungkin ini disebabkan karena setiap pemilik kulit normal bisa menunjukkan reaksi yang beragam terhadap perawatan kulit, pertambahan usia, maupun faktor-faktor lainnya.

3. Kulit Kombinasi

Kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Seseorang dengan jenis kulit wajah ini memiliki kulit berminyak di zona T, yaitu area dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di area pipi sedangkan area yang lain justru normal, kering, atau bahkan sensitif. Kulit kombinasi wajah ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormon selama masa pubertas. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini, menghadapi masalah yang sama dengan kulit berminyak, yakni pori-pori besar, komedo, dan kulit yang tampak mengilap.ย  Tetapi untuk masalah jerawat mungkin tidak separah pemilik kulit berminyak

4. Kulit Sensitif

Kulit sensitif umumnya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif harus menjaga pola makan dan jangan sampai salah menggunakan produk skincare ya, kalau kamu merasakan kalau skincare yang kamu gunakan gak cocok segera berhenti dan jangan digunakan lagi.ย ย  Selain itu, kulit wajah sensitif juga mudah kering, terkelupas, terasa perih, atau bahkan memerah. Untuk orang yang memiliki ciri-ciri seperti ini, pastikan kamu menggunakan produk perawatan wajah yang tepat dan baiknya dikonsultasikan supaya tidak semakin parah.

5. Kulit Berminyak

Tahukah kamu? Ternyata kulit berminyak cenderung licin dan mengkilap dan ini disebabkan oleh produksi sebum yang tinggi. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melindungi dan menjaga kelembutan kulit. Walaupun sebum berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, namun kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan membuat kulit rentan mengalami jerawat. Kulit berminyak bisa semakin parah akibat perubahan hormon, pertambahan usia, dan lain-lain.

 

yuk kenali jenis kulitmu

 

Ternyata ada 5 jenis kulit wajah ya, kira-kira kamu masuk ke jenis kulit apa? kulit kering, kulit sensitif, kulit berminyak, kulit normal atau kulit kombinasi nih. Yang perlu kamu ingat, apapun jenis kulitmu selalu dijaga dan dirawat ya guys. Terutama bagi kalian yang memiliki kulit sensitif dan berminyak harus banget ekstra dijaga. Karena kalau kamu menggunakan produk skincare yang tiidak sesuai kulitmu dan kamu tidak cocok akan mempengaruhi kulitmu loh!! Tetap cantik dengan menggunakan skincare alami Batrisyia Herbal!

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang