Alasan Kenapa Remaja Mudah Berjerawat

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Apr 13, 2021 | 0 comments


Alasan Kenapa Remaja Mudah Berjerawat

 

penyebab terjadinya jerawat pada remaja

 

Masalah kulit berjerawat tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi kebanyakan anak remaja juga mengalaminya. Remaja, biasanya mulai rentan dengan tumbuhnya jerawat. Karena wajah mereka cenderung memproduksi minyak berlebih sehingga menimbulkan jerawat. “Faktor utama jerawat adalah hormon androgen. Hormon ini muncul pada masa pubertas, yang dialami baru pada saat seseorang memulai masa remaja, yaitu di usia 14 tahun,” ujar dr Gloria Novelita, SpKK, spesialis kulit dan kelamin.

Selain karena masa pubertas mungkin ada hal lain yang menyebabkan jerawat bisa timbul. Penyebabnya bisa dari faktor dalam diri maupun dari kebiasaan anak. Sehingga kebiasaan yang salah ini jangan diremehkan. Secara umum, penyebab jerawat pada remaja adalah perubahan hormon selama pubertas, faktor keturunan, dan peningkatan produksi sebum, yaitu bahan yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Saat sebum meningkat, pori-pori akan tersumbat dan akhirnya jerawat pun tumbuh. Penyebab lain dari jerawat adalah perawatan kulit yang tidak benar, konsumsi lemak dan makanan berminyak, terlalu sering terpapar sinar matahari dan stres.

Untuk itu, supaya lebih jelas kali ini kita akan membahas beberapa alasan remaja mudah mengalami masalah jerawat, adapun beberapa alasannya yaitu:

1. Stress

Alasan yang pertama adalah karena faktor stress. Saat berusia remaja, anak akan rentan merasa stress. Stress inilah yang menyebabkan jerawat anak akan semakin parah dan meradang. Stress merangsang produksi endrogen yang bekerja meningkatkan jumlah sebum. Kulit yang super berminyak membuat pori-pori wajah tersumbat dan jadi sarang empuk bakteri penyebab jerawat. Sebuah survey oleh Differin juga menyebutkan 90 persen orang mengalami jerawat saat stress.Β Oleh karenanya, orangtua sebaiknya berusaha untuk mengurangi tingkat stes yang dirasakan anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengajak anak untuk pergi ke tempat yang disukainya.

2. Melupakan Sunscreen

Alasan yang kedua adalah melupakan sunscreen. Sunscreen bertugas melindungi kulit dari serangan sinar UV yang jahat, terutama untuk kalian yang sedang berjerawat. Kalau kalian sedang dalam proses mengobati jerawat, biasanya kulit menjadi lebih sensitif dan mudah bereaksi terhadap sinar matahari. Karena itu penting sekali untuk selalu melindungi kulit dengan sunscreen setiap hari dan pakai ulang setelah beberapa jam.

3. Kurang Minum Air Putih

Alasan yang ketiga adalah kurangnya minum air putih. Tubuh yang kekurangan air akan menyebabkan timbulnya sel-sel kulit mati. Sel kulit mati yang didiamkan akan menumpuk di lapisan kulit sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Akibatnya, timbul jerawat pada kulit kamu. Secara tak langsung, dehidrasi atau kekurangan air akan menyebabkan jerawat.

4. Sering Menyentuh Wajah

Tahukah kamu? kebiasaan sering menyentuh wajah bisa menjadi alasan yang keempat kenapa wajah remaja sering mengalami masalah jerawat. Pada dasarnya, tujuan utama memeriksa karena untuk memastikan ada jerawat atau tumbuh jerawat baru. Padahal, akibatnyaΒ  kotoran dan bakteri Β yang menempel pada tangan dan kuku akan ikut menempel pada wajah anak. Tentu ini akan meningkatkan risiko wajah anak dipenuhi jerawat. Kebiasaan yang mungkin sering dianggap sepele ini ternyata menjadi faktor utama timbulnya jerawat-jerawat baru di area wajah yang sering dipegang.

5. Adanya Perubahan Hormon

Alasan yang kelima adalah adanya perubahan hormon. Saat masa puber, aktivitas hormon testosteron di dalam tubuh meningkat. Hal itu kemudian menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit. Biasanya, jerawat pada remaja akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun.Β  Selain itu, hormon estrogen juga bisa menyebabkan jerawat bila kadarnya terlalu rendah.

6. Kelenjar Minyak yang Menjadi Aktif

Alasan yang keenam adalah kelenjar minyak yang menjadi aktif. Pada masa remaja, hormon androgen menjadi aktif dan merangsang kelenjar minyak pada kulit, yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak. Akibat produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan bintik-bintik yang berwarna hitam. Selain itu, produksi minyak berlebihan pada masa pubertas dapat menimbulkan jerawat.

7. Terlalu Sering Berada di Luar Ruangan

Alasan yang ketujuh adalah karena terlalu sering berada di luar ruangan. Ada banyak faktor yang menyebabkan produksi minyaknya itu meningkat. Misalnya capek, stres, panas matahari juga, karena sering di luar ruangan. Sering berada di luar ruangan bisa membuat wajahmu akan dipenuhi dengan debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Alhasil, produksi minyak berlebih di wajah akan tersumbat dan tak bisa dikeluarkan. Minyak di wajah itu kemudian mengeras dan membentuk komedo dan/atau jerawat.

beberapa hal yang bisa memicu terjadinya jerawat

 

Itulah beberapa alasan atau penyebab kenapa remaja mudah berjerawat. Untuk itu, usahakan beberapa hal yang mampu untuk dihindari, dilakukan ya seperti menghindari stress, jangan memegang muka pada saat tangan kotor dan usahakan untuk meminimalisir kegiatan yang berada di luar ruangan, supaya masalah jerawatmu tidak parah ya! Jangan lupa makan makanan yang sehat dan bergizi dan konsumsi air dengan cukup setiap harinya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang