Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Apr 8, 2021 | 0 comments


Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Menyikat Gigi

kebiasaan menyikat gigi yang salah

1. Kurang Bersih Membilas

Kesalahan yang pertama adalah kurang bersih dalam membilasnya. Padahal, bakteri bisa tumbuh pada sikat gigi yang lupa dibersihkan. Jika ini terjadi, bakteri tersebut bisa tumbuh dan kembali hinggap pada mulut kamu pada saat menggunakannya lagi.  Gak boleh lupa bersihkan sikat gigi setelah Anda menggunakannya dan pastikan tak ada yang menyangkut atau pasta gigi yang tersisa, baik di sikat gigi maupun di mulutmu.

2. Tidak Menggunakan Sikat Gigi yang Tepat

Kesalahan yang kedua adalah tidak menggunakan sikat gigi yang tepat. Seringkali kita tidak memikirkan jenis sikat gigi yang kita gunakan dan asal membelinya. Seharusnya, pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut agar tidak melukai gusi. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika menggunakan bracket atau kawat gigi biasanya dokter gigi memberikan rekomendasi khusus. Semakin nyaman sikat gigi kamu, makin sering Anda akan menggunakannya dengan benar.

3. Menyikat Gigi Terlalu Keras atau Terlalu Sering

Kesalahan yang ketiga adalah menyikat gigi terlalu kerasatau terlalu sering. Menyikat gigi 3 kali dalam sehari memang ideal. Namun, jika terlalu sering, bisa jadi kompulsif. Terlalu sering menyikat gigi, bisa membuat akar gigi teriritasi dan menyakiti gusi. Menyikat terlalu keras juga bisa merusak enamel (lapisan teratas gigi). Cara terbaik adalah menyikat gigi secara perlahan dan lembut selama 2-3 menit. Selain itu, anggapan orang yang mengatakan menyikat gigi terlalu kuat akan membuat gigi bersih itu merupakan anggapan yang salah ya guys..

4. Tidak Menyikat dengan Benar

Kesalahan yang keempat adalah tidak menyikat dengan benar. Kesalahan ini, mungkin sering banget dilakukan. Untuk itu, berikut teknik menyikat gigi yang benar yang harus kamu lakukan, yaitu:

1. letakkan sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat ke gusi.

2. Kemudian, gerakkan kuas ke depan dan belakang secara perlahan dalam gerakan pendek (selebar gigi).

3. Selanjutnya, sikat permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah.

4. Terakhir, untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan lakukan beberapa gerakan ke atas dan ke bawah.

5. Memilih Bulu Sikat yang Salah

Kesalahan yang kelima adalah memilih bulu sikat yang salah. Ada beberapa tipe sikat gigi, ada yang memiliki sudut menyempit, ada yang rata, ada yang pakai karet. Menurut para dokter gigi di WebMD, tak ada pengaruh lebih. Tampaknya, yang lebih penting adalah teknik membersihkannya ketimbang bentuk sikatnya. Para dokter gigi ada menyarankan agar memilih sikat yang lembut, jangan yang kasar atau kaku karena bisa merusak/menyakiti gusi. Carilah bulu sikat yang cukup kaku untuk mengangkat plak, tetapi tidak cukup kuat untuk merusak gigi.

6. Selalu Memulai Pada Titik yang Sama

Kesalahan yang keenam adalah selalu memulai pada titik yang sama. Mulailah di tempat-tempat yang berbeda supaya Anda tidak menjadi ‘malas’ untuk membersihkan titik yang lainnya. Jika Anda memulai di titik yang sama, Anda cenderung semangat di titik tersebut, kemudian malas membersihkan di titik yang terakhir,” jelas Price.

7. Melewatkan Bagian Dalam Gigi

Kesalahan yang ketujuh adalah melewatkan bagian dalam gigi. Kebanyakan orang ternyata sering kali lupa membersihkan bagian dalam gigi, bagian yang bersentuhan dengan lidah. Plak yang tersembunyi sama pentingnya untuk dibersihkan seperti plak yang terlihat. Titik yang paling sering dilupakan untuk dibersihkan adalah pada bagian dalam gigi depan

8. Membiarkan Sikat Gigi Dalam Keadaan Basah

Kesalahan yang kedelapan adalah membiarkan sikat gigi dalam keadaan basah. Kebiasaan ini paling sering dilakukan. Padahal, kamu pasti sudah tahu bahwa bakteri senang hidup dalam kondisi lembab. Sikat gigi yang basah dan lembab pun akan menjadi tempat favorit bakteri. Enggak cuma itu, sikat gigi yang lembab akan merusak bulu sikatnya jika dibiarkan begitu saja. Akan lebih baik jika sikat gigi disimpan tertutup dalam keadaan kering. Biarkan kering, baru tutup dengan tutupnya.

 

hal yang perlu diperhatikan ketika menyikat gigi

 

Ternyata banyak banget ya, kebiasaan yang salah ketika kita menyikat gigi. Kira-kira kamu memiliki berapa kesalahan nih? Jangan-jangan semua lagi! Untuk itu, yuk segara perbaiki kesalahan kamu mulai sekarang dan selalu perhatikan cara menyikat gigi dengan baik dan benar supaya gigi kamu terbebas dari berbagai masalah mulai dari gigi berlubang, nafas tidak sedaap, sariawan dan gusi berdarah. Tetap sehat dan cantik bersama Batrisyia Herbal!!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang